Rabu, 10 Oktober 2012

Wagub: Koperasi Harus Fokus Satu Usaha

Wagub: Koperasi Harus Fokus Satu Usaha
Berita Kampung - Berita Terkini
Tuesday, 17 July 2012 14:56
Koperasi tidak aktif disebabkan oleh management tidak jalan atau kepengurusan tidak jalan karna adanya kejenuhan dan SDM khususnya di desa sangat terbatas dan sulitnya mencari pigur yang dapat memimpin koperasi. Demikian di jelaskan Wakil Gubernur NTB Ir.H.Badrul Munir kepada sejumlah wartawan setelah Upacara Harkop ke 65 di halaman kantor diskop UMKM NTB (16/7)

“Peremajaan koperasi menjadi pengurus yang menjadi kendala karna proses regenerasi kepengurusan itu yang kurang di perhatikan selama ini, dampaknya koperasinya tidak efektif”. Kata Badrul Munir
Kendala yang kedua kata H.Badrul Munir banyak koperasi yang tidak fokus pada satu bidang usaha khususnya Koperasi Serba Usaha dan kendala yang ketiga lemah di kerjasama karna di anggap koperasi yang berjalan sendiri bisa berhasil padahal untuk kemajuan koperasi harus ada kerjasama antar koperasi, pengusaha dll. Kendala inilah yang menyebabkan banyak koperasi yang mati suri.
Untuk pencapaian koperasi berkualitas  H.badrul Munir menegaskan harus benahi 3 kendala tersebut.
“jadi koperasi harus memilih satu usaha dengan produk tertentu, yang kedua berkembangnya ekonomi kreatif artinya tidak akan bisa berkembang jika tidak ada kerjasama dengan pengusaha lainnya ,termasuk koperasi tidak bisa berkembang jika tidak ada kerjasama dengan koperasi maupun pengusaha. Dan yang ketiga jika management atau kepengurusan bagus otomatis modal akan datang sendiri”.Papar  H.Badrul Munir.
H.Badrul Munir menambahkan banyak koperasi mengeluhkan modal tetapi usahanya tidak fokus maka ada keraguan perbankkan untuk mengucurkan modal.
“sekarang kita sudah akses permodalan kepada koperasi se luas-luasnya makanya dinas koperasi jangan hanya menilai dari jumlah koperasi tapi seberapa banyak dari jumlah koperasi di NTB ini yang masuk dalam kategori aktif termasuk koperasi berkualitas. Kita tidak bicara lagi kuantitas”. Imbuh H.Badrul Munir
H.Badrul Munir membayangkan kalau setiap koperasi itu menghasilkan satu saja produk ekonomi kreatif, artinya sudah berapa banyak penduduk ekonomi  kreatif yang akan dihasilkan.  Dan itu sangat bisa di lakukan. (Abdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar