Rabu, 10 Oktober 2012

Harkop ke 65, Tahun Kemandirian Koperasi

Harkop ke 65, Tahun Kemandirian Koperasi
Berita Kampung - Berita Terkini
Monday, 16 July 2012 13:56
Memasuki usia ke 65 hari koperasi di maknai sebagai tahun kemandirian koperasi yang besar, mandiri dan kuat, sehingga dapat lebih cepat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat. Demikan disampaikan oleh Wakil Gubernur NTB IR.H.Badrul Munir saat membacakan sambutan Menteri negara koperasi dan UKM RI DR.Syarif Hasan saat menjadi pembina upacara pada Upacara Hari Koperasi ke 65 tadi pagi (16/7) di halaman kantor dinas koperasi UMKM NTB  dan di hadiri oleh jajaran SKPD, pelaku dan penggerak koperasi serta pegawai lingkup dinas koperasi UMKM NTB.

Mengiringi hari Koperasi ke 65 ini kata Ir.H.Barul Munir,MM terdapat momentum bersejarah bagi gerakan koperasi di indonesia dan dunia. Pertama, pertumbuhan ekonomi  indonesia yang sustainable, semakin baik, cukup tinggi saat ini telah menciptakan banyak peluang ekonomi bagi koperasi indonesia. Kedua, arahan bapak presiden RI DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono bahwa melalui gerakan revitalisasi koperasi adalah salah satu program utama pemerintah untuk menunjang perekonomian indonesia menuju masyarakat yang makmur dan sejahtera. Ketiga, PBB telah mencanangkan tahun 2012 sebagai tahun koperasi dunia (International year cooperative)
Lebih jauh dalam sambutan menteri negara koperasi dan UKM RI yang disampaikan Ir.H.Badrul Munir,MM dikatakan memasuki tahun ketiga RPJM 2009-2014. Pada tahun 2009 jumlah koperasi indonesia sebanyak 179.411 unit. Tahun 2010 sebesar 177.482 unit. Tahun 2011 telah mencapai 188.181 unit dan tahun 2012 ini telah mencapai 192.443 unit dengan jumlah anggota sebanyak 33.687.417 orang. Peningkatan jumlah koperasi ini didukung oleh program Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop) dari Kemenkop dan UKM RI bekerja sama dan sinergi dengan Dekopin.
Namun di sadari bahwa masih terdapat banyak koperasi yang tidak aktif. Untuk itu melalui Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop) harus di dorong agar koperasi-koperasi yang tidak aktif tersebut segera bangkit aktif untuk menggapai kemakmuran.
Kepada para kepala dinas yang membidangi koperasi dan UMKM,Provinsi, Kabupaten dan kota diharapkan harus lebih meningkatkan pembinaan,pengawasan terhadap koperasi.
Usai upacara Hari Koperasi ke 65 Ir.H.Badrul Munir,MM di dampingi Kadiskop UMKM NTB Ir.H.Moh.Rusdi,MM menyerahkan beasiswa kepada putra dan putri anggota koperasi yang terdiri dari 3 orang mendapat beasiswa dari koperasi KPRI Sepakat diantaranya Fitriana angraini SMAN 6 Mataram, Anita Eprilia SMPN 5 Mataram, dan Fatin Putri Wardani SDN 40 Mataram dan 3 orang mendapat beasiswa dari koperasi rajawali diantaranya Raziq Ahmadi dan Rahma Lutfia dari SDN 15 Cakranegara dan Jafar Shoddiq SMP Muhammadiah Mataram. Selain itu di berikan juga hadiah kepada 6 koperasi peraih juara masing-masing KPRI Kardina Lombok Barat juara 1, Koperasi Pengerajin Gerabah Banyumulek Lombok Barat juara II, KPRI Kesehatan Lombok tengah Juara III, KPRI Handayani Lombok Utara juara Harapan 1, KUD Karya Nyata Wanasaba Lombok Timur juara harapan II dan KSU Sejahtera Bersama Mataram Juara Harapan III (Abdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar