Rabu, 10 Oktober 2012

Harkop ke 65, Diskop UMKM NTB Gelar Cerdas Cermat Perkoperasian

Harkop ke 65, Diskop UMKM NTB Gelar Cerdas Cermat Perkoperasian
Berita Kampung - Berita Terkini
Thursday, 05 July 2012 16:37
Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke 65 sejumlah rangkaian kegiatan di gelar oleh Dinas koperasi UMKM NTB, salah satu di antaranya adalah Cerdas-cermat perkoperasian tingkat SMA se Nusa Tenggara Barat. Pelaksanaan lomba ini disiarkan langsung  tadi pagi (5/7) melalui LPP RRI Mataram di Auditorium Prasetya LPP RRI
Mataram.
Kepala dinas koperasi UMKM NTB Ir.H.Moh.Rusdi mengatakan Tema peringatan hari koperasi  65 adalah “koperasi mandiri rakyat makmur”.  Melalui tema tersebut maka dalam rangka memperingati hari koperasi di tahun 2012 ini telah di laksanakan berbagai macam kegiatan salah satunya adalah cerdas cermat perkoperasian yang merupakan kerjasama anatar Dinas Koperasi UMKM NTB dengan LPP RRI Mataram . Acara cerdas cermat ini rangkaian dari Hari Koperasi ke 65 yang puncak acaranya akan di laksanakan di Palangkaraya Kalimantan Tengah pada tanggal 12 juli tahun 2012 mendatang.
H.Moh.Rusdi menambahkan tujuan diadakan cerdas cermat perkoperasian tingkat SMA adalah untuk memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi para generasi muda khususnya siswa-siswi SLTA dalam hal perkperasian. Selain itu untuk memotivasi generasi muda dalam rangka lebih meningkatkan pemahaman tentang arti pentingnya koperasi, memasyarakatkan koperasi dan mengkoperasikan masyarakat sehingga di harapkan akan tumbuh kader-kader koperasi yang dapat di banggakan pada masa mendatang.
Sekda NTB H.Muhammad Nur, SH.MH yang membuka lomba cerdas cermat tadi pagi (5/7) mengatakan untuk memastikan koperasi mandiri dan rakyat makmur maka haruslah kita dorong melalui cerdas-cermat, apaun jenis dan usaha bagi warga negara itu haruslah di ikhtiarkan dalam bentuk koperasi karna melalui koperasi kita mendapatkan banyak fasilitas yang di siapkan oleh negara, yang pertama akses modal dipermudah bahkan hampir tidak dikenakan bunga, yang kedua akses proses perijinan juga di permudah dan tidak kalah pentingnya adalah insentif untuk tidak dikenakan pajak retribusi ada banyak peluang di tempat itu.
“Maka dari hasil cerdas cermat ini haruslah juga memberikan aspirasi dan rangsangan agar apapun bentuk usaha  bagi seluruh warga negara indonesia marilah kita berbondong-bondong untuk menciptakan dan memanifestasikan dalam bentuk perkoperasian  karna hanya dalam bentuk dan wujud pada usaha seperti koperasilah yang akan benyak mendapatkan kemudahan  dalam berusaha”.Kata H.Muhammad Nur
H.Muhammad Nur  mencermati  persoalan yang menyertai pengelolaan koperasi sehingga sampai sekarang belum melihat koperasi itu menjadinya rajanya di rumahnya sendiri atau menjadi tuannya di negerinya sendiri.
Menurut H.Muhammad Nur terdapat 3 persoalan besar yang mungkin bisa di bedah dalam acara cerdas-cermat ini, persoalan itu antara lain tingkat kejujuran dalam mengelola koperasi padahal dalam kehidupan ini yang menentukan keberhasilan adalah tingkat kejujuran  atau tingkat amanah. Yang kedua adalah keterampilan dan management pengelolaan  dan ketiga adalah kekuatan kita untuk membangun jaringan usaha bersama.
“kalau 3 hal ini bisa di manifestasikan dalam ikhtiar kita mengkoperasikan  masyarakat dan memasyarakatkan koperasi, yakin saya , koperasi di indonesia  akan menjadi tuannya di inonesia ini”.Tegas H.Muhammad Nur
H.Muhammad Nur pun mengatakan tidak hanya sekedar memahami wawasan membangkitkan motivasi  kemudian memasyarakatkan koperasi  dan mengkoperasikan masyarakat tetapi yang paling penting adalah disamping kita mengenal bentuk dan wujud koperasi  dan juga apa pengertian koperasi,  tetapi mari kita pastikan bahwa dengan menerapkan sistem perkoperasian, ekonomi keluarga dan bangsa ini akan menjadi kuat dan bisa bertarung di tatanan global.
Sementara  perserta lomba di ikuti oleh 10 regu yang berasal dari siswa-siswi tingkat SMA dari 10 kabupaten kota se NTB yang merupakan hasil seleksi dari kabupaten kota se NTB. Kegiatan cerdas cermat terdiri dari 2 babak yakni babak penyisihan dan babak final. Perlombaan ini memperebutkan piala tetap Dinas Koperasi UMKM NTB, piagam dan uang pembinaan. (Abdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar