Rabu, 10 Oktober 2012

Menkop: Revitalisasi di Tubuh KUD

Menkop: Revitalisasi di Tubuh KUD
Berita Kampung - Berita Terkini
Thursday, 20 September 2012 14:40
Revitalisasi KUD ini salah satu imflementasi arahan presiden RI tanggal 12 juli 2011 (hari Koperasi) bahwa saatnya indonesia melakukan gerakan revitalisasi koperasi sehingga betul-betul menjadi salah satu icon dari pada sistem perekonomian indonesia yang berlandaskan dan berdasarkan kepada koperasi yang betul-betul dapat di rasakan dan di manfaatkan oleh rakyat serta anggota koperasi. Demikian di sampaikan oleh Menkop dan UKM RI DR.Syariefuddin
Hasan saat memberikan arahan kepada peserta Rapat Koordinasi Terbatas yang di ikuti oleh Deputi  kemenkop dan UKM RI, 27 kepala dinas UMKM dan 6 perwakilan kepala dinas UMKM setiap provinsi seluruh indoonesia di salah satu hotel di mataram. (19/9)
Terhadap perkembangan koperasi di indonesia kata Syariefuddin Hasan sungguh sangat luar biasa yakni 192.334 unit koperasi sampai dengan agustus 2012 adalah prestasi para kepala dinas seluruh indonesia
Syarief Hasan mengakui bahwa disamping prestasi-pretasi yang di raih masih ada beberapa masalah yang perlu dituntaskan, banyak complint dari masyarakat yang perlu di selesaikan, banyak Bius ot coperative activity yang terjadi di daerah yang perlu untuk di luruskan, banyak koperasi yang tumbuh belum melaksanakan prinsip-prinsip koperasi  sesuai dengan yang di inginkan bersama   sesuai dengan UU koperasi no 25 yang belum di revisi dan banyak koperasi yang belum aktif.
“Kesemuanya itu merupakan tanggung jawab kita kedepan bagaimana koperasi itu di tumbuh kembangkan , sehingga saatnya nanti saya yakin dan percaya 2 tahun kedepan sampai tahun 2014 kita akan mendengarkan bahwa tidak ada lagi Bius of Coperative yang mengatas namakan koperasi dalam mengambil kesempatan dan keuntungan di tengah –tengah masyarakat”. Tegas Syarief.
lanjut Syarief Hasan salah satunnya adalah menyangkut potensi yang sangat paling tinggi adalah menyangkut eksistensi koperas unit desa (KUD) diantara 129.334 unit koperasi seluruh indonesia  ada sekitar 6.577 KUD seluruh indonesia yang perlu untuk kita inventarisasi secara tepat.
“saya menginstruksikan kepada saudara deputi agar data-data ke 6577 unit KUD tersebut di identifikasi  secara tepat by name,by addres di setiap provinsi seluruh indonesia.”. kata Syarief
Syariefuddin Hasan berharap potensi yang di milki KUD tersebut dapat ditingkatkan, mendorong agar KUD betul-betul mengembalikan masanya KUD yang sebelumnya. Ini salah satu impian bahwa kapasitas kemampuan KUD yang masih tersisa sekarang dapat ditingkatkan dan agar KUD tersebut berada di depan, bagaimana bersinggungan dengan rakyat, bagaimana agar kemampuan dan kapasitas rakyat untuk meningkatkan kesejahteraannya serta KUD tersebut betul-betul dapat  menjadi contoh icon dari suatu koperasi yang berasas kan anggotanya yang kebanyakan dari grassroad.
“Ini adalah salah satu visi kedepan yang patut untuk kita kedepankan sehingga image persepsi masyarakat terhadap koperasi semakin meningkat dan tentunya ini akan menjadi prioritas pemerintah sehingga di harapkan tidak ada lagi KUD yang betul-betul tidak melaksanakan aktifitasnya, tidak ada lagi KUD yang betul-betul hanya menginginkan suatu uluran tangan dari pemerintah tetapi harus netul-betul melakukan evaluasi bagaimana agar KUD bersama pemerintah untuk bangkit bersama, itulah tujuan daripada revitalisasi KUD”. Ujarnya
Syariefuddin Hasan menginginkan agar para kepala dinas koperasi UMKM disamping apa yang telah di putuskan dalam rakortas agar setelah mengidentifikasi  KUD-KUD tersebut dapat di dorong melakukan “self assessment” atau evaluasi terhadap keberadaan KUD mereka sendiri, dengan melakukan metode SWOT (strengths, weaknesses,opportunitas, threats) analisis yakni metode yang termudah untuk melakukan identifikasi kira-kira apa yang perlu di lakukan revitalisasi, jika tidak melakukan SWOT analisis maka sulit melakukan revitalisasi secara maksimal.
“salah satu contoh kepengurusan, saya menginginkan kepenguruan KUD betul-betul di lakukan revitalisasi. Bagi yang sudah berpengalaman tapi up greatsitasnya mulai menurun saya pikir kepemimpinannya di serahkan kepada yang lebih muda. Pengelolaan transparansi internal KUD betul-betul di lakukan secara profesional, management di lakukan secara intent dan pengawasan harus bermitra antara pengawas,pengurus dan anggota harus di manfaatkan maksimal, mekanisme koperasi betul-betul di tegakkan dan dijalankan secara konsisten. Dengan demikian secara internal  revitalisasi sudah dilakukan, revitalisasi harus di lakukan ke dalam tubuh KUD”.Kata Syarief (Abdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar